Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Tanda Asam Urat Tinggi, Waspada dan Segera Atasi Yuk!

Beberapa waktu lalu Ibu saya mengeluhkan badannya yang pegal-pegal dan pergelangan kakinya mudah sekali terasa nyeri. Meskipun belum pasti bahwa ini merupakan salah satu tanda asam urat, tapi saya mencoba untuk menenangkan Ibu dan meminta beliau untuk segera memeriksakan diri agar bisa diatasi sejak dini.

Alhamdulillah Ibu saya setuju. Padahal biasanya susah banget mengajak Ibu untuk memeriksakan kesehatannya. Alasannya sibuk, ngga ada waktu, padahal kalau bisa meluangkan waktu untuk kontrol gitu kan lebih melegakan.

Nah long story short, ternyata kadar asam urat Ibu saya tuh lumayan tinggi. Memangnya setinggi apa? Normalnya tuh seberapa sih? Simak yuk!

Apa Itu Asam Urat? Bagaimana Tanda Asam Urat Tinggi?

Melansir dari laman resmi Halodoc, disebutkan bahwa asam urat merupakan kondisi yang menyebabkan seseorang mengalami gejala nyeri yang tak tertahankan. Serta terjadinya pembengkakan dan adanya rasa panas di area persendian.

Jadi kalau sudah ada tanda-tanda seperti yang saya sebutkan di atas, perlu banget untuk segera dicek ya guys. Memang sih semua sendi di tubuh itu berisiko terkena asam urat tapi perlu kita ketahui bahwa sendi yang paling sering terserang adalah jari tangan, lutut, pergelangan kaki dan juga jari kaki. Kalau anggota tubuh tersebut sudah mulai merasa nyeri-nyeri coba deh cek asam urat kamu.

Ciri-Ciri Umum Orang dengan Tanda Asam Urat Tinggi :

  • Nyeri tak terhankan di area sendi, khususnya pergelangan kaki, lutut, siku, serta pergelangan tangan dan jari.
  • Peradangan
  • Kemerahan
  • Pembengkakan
  • Tidak leluasa saat bergerak

Nah kalau ada yang mengatakan bahwa asam urat kebanyakan hanya menyerang di tubuh pria, bukan berarti perempuan bisa aman dari asam urat lho yaa! 

Jika kamu adalah seorang perempuan, maka perhatikan betul yaa kalau sudah punya gejala seperti di atas segera cek asam urat dalam darah. Kadar asam urat normal wanita dengan usia 40 tahun ke bawah dan belum menopause berbeda dengan yang sudah melewati masa-masa tersebut.

Jika kamu belum melewati masa-masa itu maka batas normalnya adalah 2,6 dan 6,0 mg/dL. Namun jika kamu sudah berusia 40 tahun lebih dan juga sudah menopause, kadar normalnya lebih tinggi lagi.

Hal ini dikarenakan saat melewati menopause, risikomu untuk terkena penyakit asam urat tentu saja semakin tinggi. Sehingga batas normalnya akan sama dengan batas asam urat normal seorang pria. Yaitu antara 3,5 dan 7,2 md/dL. 

Saat batas asam urat terlalu rendah, teman-teman akan lebih rentan terkena penyakit karena regenerasi sel di dalam tubuh tidak akan berjalan dengan sempurna. Namun jika terlalu tinggi, senyawa asam akan berubah bentuk menjadi kristal. 

Sayangnya kristal asam urat sangat rentan menumpuk dan menyumbat pembuluh darah. Hal inilah yang akan menimbulkan penyakit hiperurisemia dan bisa menyebabkan peradangan dan pembengkakan di area sendi. 

Jadi jangan pernah menganggap remeh hal ini ya teman-teman.

Cara Mengatasi Asam Urat Tinggi

Jika sudah terjadi tanda-tanda asam urat tinggi seperti yang telah saya sebutkan di atas, maka tidak ada jalan lain untuk segera memeriksakan diri lalu mengatasinya. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kadar asam urat tinggi dalam darah :

  • Lakukan diet purin. Caranya yakni dengan membatasi konsumsi kudapan dan minuman yang mengandung banyak purin. Seperti daging merah, hati, kerang, fruktosa hingga alkohol. Kalau bisa tidak mengonsumsinya sama sekali hingga kadar asam urat kembali normal.
  • Banyak mengonsumsi kudapan yang mengandung vitamin C. Seperti jeruk, lemon, tomat, nanas, ceri, dan lain-lain. 
  • Minum obat asam urat juga sangat membantu menstabilkan kadar asam urat dalam darah guys. Salah satunya seperti Sido Muncul Ricasid yang dikonsumsi secara rutin.
  • Menerapkan pola hidup sehat dengan makan bergizi dan berolahraga yang cukup.

Salah seorang sahabat merekomendasikan Sido Muncul Ricasid untuk membantu Ibu saya memulihkan asam urat agar kembali normal. Kenapa Sido Muncul Ricasid?

cara mengatasi asam urat

Karena Sido Muncul Ricasid terbuat dari bahan alami yang dapat menangani asam urat. Yaitu mahkota dewam sambiloto, bawang putih dan juga temulawak. Efek sampingnya tentu saja lebih rendah dibanding obat generik pada umumnya.

Kalau bisa mengobati asam urat secara alami kenapa memilih yang sintetis kan? Hehehe..

Sido Muncul Ricasid Bantu Atasi Asam Urat

tanda asam urat tinggi

Menurut saya sebelum datang asam urat, ada baiknya mencegahnya dengan membatasi konsumsi makanan-makanan yang menyebabkan kadar asam urat dalam darah tinggi. Selain itu teman-teman juga bisa mulai mengonsumsi Sido Muncul Ricasid secara rutin. Terlebih ketika gejala asam urat menghampiri.

Karena Sido Muncul Ricasid dibuat dengan teknologi modern dengan memanfaatkan bahan baku alami di sekitar kita, tak heran cara kerjanya sangat ampuh hingga membuat batas asam urat pria maupun wanita menjadi normal atau tetap terjaga stabil.

Yuk cobain obat herbal yang satu ini untuk mengatasi asam urat dan nyeri sendi. Jangan lupa juga untuk mencoba berbelanja sehat dan hemat di Sido Muncul Store yuk! Karena dengan berbelanja di Sido Muncul Store, kita akan mendapatkan poin reward yang bisa ditukarkan dengan potongan harga lho! Semakin banyak poinnya, semakin banyak pula potongan harganya.

Han
Han Lebih suka dipanggil Han ketimbang Lohan. Menikmati sebagai penuntut ilmu sejati. Blogger cupu yang punya mimpi seperti bos kapanlagi

9 comments for "Ini Tanda Asam Urat Tinggi, Waspada dan Segera Atasi Yuk!"

  1. Asam urat ini bisa diderita pria dan wanita. Apalagi kalau usia sudah lewat 40 tahun, harus waspada juga ya, Mbak. Terutama mengatur pola makan juga. Tidak bisa lagi semaunya semua makanan yang diinginkan dikonsumsi.

    ReplyDelete
  2. Ibuku pernah periksa kadar asam urat. Dan benar saja tinggi. Waktu itu nggak tahu kalau nanas bisa jadi makanan yang baik buat orang yang punya asam urat. Dan emang kebetulan ibuku doyan nanas.

    Lain kali bakal kusaranin buat mengonsumsi Sido Muncul Ricasid juga deh.

    ReplyDelete
  3. Warning nih buat saya yang sudah 40+. Sejauh ini insyaallah saya sudah lebih peduli dengan pola makan.

    ReplyDelete
  4. Meski perempuan tidak rentan, tapi kita kudu jaga diri juga biar gak kena asam urat. Gaya hidup sehat memang jadi hal yang perlu dijalankan dengan konsisten

    ReplyDelete
  5. Meski perempuan tidak rentan, tapi kita kudu jaga diri juga biar gak kena asam urat. Gaya hidup sehat memang jadi hal yang perlu dijalankan dengan konsisten

    ReplyDelete
  6. Belum pernah cek asam urat akutuh. Cukup² was² juga, karena sering pegal² nih sendinya, huhu.. Tapi seenggaknya kita stok Sido Muncul Ricasid dulu aja kali yaa..

    ReplyDelete
  7. Ibu saya pernah kena asam urat. Saya sampe kasihan karena dia kesakitan. Emang sih di bagian sendinya yang nyeri. Waktu itu belum tahu Sido Muncul Ricasid ini.

    ReplyDelete
  8. Asam urat yang terlalu tinggi memang bahayaaaa banget karena bisa bisa menjadi penyebab gagal ginjal. Bapakku (alm) dulu begitu. Makanya sekarang aku lebih hati-hati untuk urusan makanan.

    ReplyDelete
  9. Ternyata zaman sekarang tuh asam urat gak berdasarkan umur aja..
    Anak muda pun bisa asam urat. Rasanya sedih banget kalo uda gak bisa bebas bergerak karena kalap makan makanan yang memicu asam urat. Kudu sedia Sido Muncul Ricasid. Ini aku baru tau kalau Sido Muncul mengeluarkan produk kesehatan untuk penderita asam urat.

    ReplyDelete