Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan Dan Kekurangan Transaksi Menggunakan Dana Tunai Di Jaman Serba Digital

Di jaman yang serba digital Anda akan susah untuk tidak mengikuti perkembangan yang terjadi disekitar dan mempengaruhi banyak sektor. 

Cara pembayaran juga mempunyai perkembangan dengan pembayaran digital yang tidak perlu menggunakan uang cash. Walaupun begitu tetap ada yang banyak menggunakan pembayaran menggunakan transaksi dana tunai untuk pembelian barang dan menggunakan jasa tertentu.

Kelebihan Menggunakan Dana Tunai Untuk Bertransaksi

menggunakan dana tunai

Uang tunai masih menjadi cara pembayaran yang digunakan oleh sebagian besar orang terutama bagi orangtua dan juga anak-anak. Sedangkan untuk transaksi non tunai digunakan oleh anak muda dan juga orang dewasa yang sudah bekerja dan melek terhadap perkembangan pembayaran non tunai. 

Banyaknya orang yang menggunakan sistem transaksi menggunakan uang tunai masih memberikan keunggulan yang diberikan, sehingga masih banyak digunakan. Beberapa kelebihan transaksi menggunakan uang tunai adalah berikut ini:

Kemudahan Bertransaksi yang Diterima di Semua Tempat

Kelebihan menggunakan uang tunai ketika bertransaksi adalah masih merupakan alat pembayaran yang diterima di semua tempat. Dari membeli mie ayam di tukang gerobak yang lewat di depan rumah, membeli barang di minimarket, hingga membeli kendaraan di dealer juga masih menerima pembayaran menggunakan uang tunai. 

Hal tersebut membuat Anda bisa lebih mudah melakukan transaksi menggunakan uang tunai yang diterima di semua tempat.

Bisa Mempunyai Batas untuk Belanja

Membayar menggunakan uang tunai bisa membantu untuk lebih hemat dan mengurangi keinginan untuk terus belanja. Ketika akan membayar menggunakan uang tunai untuk barang yang diinginkan, perlu diketahui bahwa pengambilan uang tunai dari ATM mempunyai limit yang dikenakan. 

Hal tersebut bisa membantu untuk belanja yang disesuaikan dengan limit tabungan yang bisa diambil setiap harinya. Keunggulan tersebut membantu untuk mempunyai batas ketika akan belanja agar tidak melebihi limit kartu yang dipunyai. 

Adanya limit bisa membuat lebih hemat dan menyimpan dana yang digunakan untuk menabung.

Mengurangi Resiko Berhutang

Keuntungan transaksi menggunakan uang tunai yang terakhir adalah bisa mengurangi resiko untuk berhutang. Tidak seperti pembayaran menggunakan kartu kredit yang menggunakan uang yang tidak dipunyai, uang tunai menggunakan uang yang memang sudah dipunyai dan diambil dalam bentuk uang fisik. 

Adanya uang tunai yang dipunyai akan bisa menghindari resiko mengambil hutang yang dengan mudah dilakukan secara online dengan sistem pembayaran menggunakan non tunai yaitu kartu kredit maupun paylater. 

Anda yang sudah terbiasa membayar menggunakan uang tunai yang merupakan uang yang memang dimiliki akan lebih bijak ketika mengeluarkan dananya, sehingga akan bisa menghindari untuk tidak mengambil hutang.

Kekurangan Menggunakan Dana Tunai Untuk Bertransaksi

Selain memberikan keuntungan transaksi menggunakan uang tunai, bertransaksi dengan uang fisik yang disimpan dan dibawa kemana-mana tentunya mempunyai resiko kerugian yang bisa terjadi yang meliputi:

1. Resiko yang ada dari transaksi menggunakan uang tunai adalah ketidakamanan dari membawa uang tunai kemana-mana. Apabila membawa uang tunai dan menjadi korban jambret maka uang yang dimiliki juga akan hilang. 

Berbeda apabila mempunyai uang non tunai maka jumlah tabungan yang dipunyai tetap aman karena mempunyai username dan password yang hanya diketahui oleh pemiliknya untuk melakukan transaksi. Oleh karena itulah, dari keamanan penggunaan transaksi non tunai dinilai lebih aman dibandingkan menggunakan uang tunai.

2. Kekurangan uang tunai juga mudah terselip sehingga hilang. Uang tunai yang dipunyai bisa lupa untuk menaruhnya, jatuh di jalan, dan resiko uang hilang atau terselip lainnya yang membuat Anda kehilangan uang yang dimiliki.

3. Kekurangan yang terakhir adalah tidak mudah untuk mempunyai catatan pengeluaran yang membantu untuk mengelola keuangan. Catatan keuangan sulit dilakukan karena semua transaksi menggunakan sistem offline sehingga tidak ada mutasi atau struk yang bisa digunakan untuk memudahkan catatan pengeluaran.

Bagi merchant atau pemilik usaha di jaman digital seperti sekarang ini, semuanya memberikan layanan termasuk pembayaran yang sudah digital yaitu pembayaran non tunai. 

Merchant bisa menggunakan aplikasi yang aman yaitu Merchant BCA untuk mengajukan mesin EDC atau QRIS yang membantu menerima pembayaran non tunai. 

Pengajuan metode pembayaran non tunai bisa diajukan lewat Aplikasi Merchant BCA untuk memberikan layanan pembayaran menggunakan metode non tunai.

Han
Han Lebih suka dipanggil Han ketimbang Lohan. Menikmati sebagai penuntut ilmu sejati. Blogger cupu yang punya mimpi seperti bos kapanlagi

Post a Comment for "Kelebihan Dan Kekurangan Transaksi Menggunakan Dana Tunai Di Jaman Serba Digital"